sponsor links

Senin, 21 Juli 2014

PECINTA ALAM

Gue pernah punya pengalaman luar biasa waktu masih SMA. Gue tertarik sama alam, gue ngrasa jadi diri gue sendiri saat gue ditengah-tengah alam. Dengan alasan itu gue ikut kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan alam, PECINTA ALAM. Selain ekstrakurikuler BASKET, PECINTA ALAM adalah ekstrakurikuler terfavorit nomer dua di SMA gue. Kalo anak BASKET isinya cowok-cewek keren dan tajir, anak PECINTA ALAM lebih mirip gelandangan.

Gue nggak menjelek-jelekan organisasi gue sendiri, gue berkaca pada diri sendiri. Anak SASPALA (sebutan untuk pecinta alam SMA gue) lebih suka nongkrong di hutan, gunung, sungai, kemah, jalan kaki kemana-mana, pakaian lusuh-lusuh, gelandangan. Iya karena dulu gue juga anak SASPALA maka gue juga termasuk kaum yang mirip gelandangan.


Dulu sebelum gue ikutan SASPALA gue sempat berkonsultasi dulu sama orang tua gue.

“ mah aku mau konsultasi masalah ekstrakurikuler yang mau aku ambil “ gue emang bersikap terbuka sama orang tua kalo masalah ginian.

“ iya kamu boleh ikut ekstrakurikuler apa aja kok asal bukan PECINTA ALAM”

“tapi mahh” gue mangap,

“ pokoknya nggak boleh” ibue gue makin ngotot

“ aku mau ikut ekstrakurikuler pengembangan bakatku sebagai germo mah”

“APAAAAA!!!!”

Gue emang nggak boleh, gue maksa alasannya karna gue cowok, cowok ikut saspala kesannya macho kayak gelandangan. Gue ikut kegiatan seminggu sekali. Asik banget. Apalagi pas kita muncak, gunungnya sih ada dibelakang rumah gue. Dari puncak gue bisa liat lautan awan, dipuncak gue ngrasa kecil banget. Dari puncak gue bisa liatin orang mandi di sungai wahahhaha.

Gue nggak pernah tau apa yang gue takutin. Sesuatu yang bikin gue merinding sampai benar-benar nggak pengen lakuin. Dulu gue nggak tau sampai akhirnya gue nemuin jawaban di ekstrakurikuler gue. Ini gue sadari saat kita lagi  acara rutin mingguan. Kita latihan nuruni jembatan pake tali sampe dasar jembatan yang ada sungainya bahasa kerennya rappeling . Sebelum kita praktek dijembatan, kita udah sempet dikasih teori sama praktek naik turun pake pohon. Dan gue bisa mengikuti dengan baik.

Tiba waktu kegiatan dimulai, kita ngumpul deket jembatan yang sudah ditentukan sama instruktur pada pertemuan sebelumnya. Tinggi jembatannya mungkin 25 meter dari sungai, cukup buat bikin semua engsel tulang pindah posisi kalo sampe jatuh. Gue ngrasa tertantang, darah gue mendidih, temen gue ngrebus indomi pake darah gue.

Setelah satu persatu temen gue nyobain gue makin semangat. Tiba giliran gue, semua tali pengaman dipasang, gue pake helm, gue difoto, gue berdoa,gue ludahin tangan gue, gue disuruh cuci tangan. Gue mulai menempatkan diri dimulut jembatan, instruktur gue bilang loncat, gue loncat, sialnya gue kepleset dikit, posisi menggantung gue jadi kebalik kayak spiderman. Temen-temen gue panik sambil manggil gue.

Disaat menggantung terbalik gue baru sadar apa yang gue cari selama ini. Apa yang gue takutin, akhirnya gue tau, gue pobia ketinggian. Begitu akal hilang gue panik sambil tetap menggantung, persis beruk kena jerat. Gue menggoyang tali dengan brutal saking paniknya. Temen-temen gue makin histeris liatin gue dari atas.

Setelah agak lama, akal gue kembali, gue dengar suara temen-temen gue. Karena gengsi gue bilang,

“ GAK PAPA GUE LAGI PEMANASAN MAKANYA GOYANG-GOYANG”

“Eh yang bener lo?” temen gue menyahut

“ IYA UDAH TENANG AJA, GUE SENGAJA BIAR GREGET” gue makin meyakinkan.

Padahal aslinya gue ngeri abis, posisi menggantung terbalik gitu bener-bener mimpi buruk buat gue. Akhirnya dengan sepenuh tenaga sambil menahan kencing dicelana gue turun pelan-pelan. Bayangin aja kalo gue kencing, karena posisi gue kebalik, bisa-bisa air kencing gue keminum. Tar kalo ditanyain temen gue. Gue mau bilang dengan cuek, “gue Cuma haus”.

Setelah kegiatan itu, gue nggak pernah lagi ikutan yang namanya turun pake tali, naikin tali, tali kolor kecuali tali beha persetan dengan semua tali, gue nggak mau lagi cukuuuuuup.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar