sponsor links

Selasa, 29 Desember 2015

Konsep ketuhanan (menurut gue)

Konsep ya, terlalu berat buat gue sebenarnya. Gue bukan tipe orang yang benar-benar religius. Tapi gue punya sedikit pandangan tentang konsep ketuhanan. Tema yang sensitif. Seperti kebanyakan orang, gue termasuk orang yang menganut agama bukan karena pilihan sendiri tapi karena dibawa oleh keluarga. Gue sadar belum punya banyak ilmu soal ini.

Awal gue dapet pemikiran ini setelah membaca sebuah artikel diinternet. Jadi diartikel tersebut menjelaskan bahwa konsep ketuhanan diciptakan manusia untuk menutup, menjawab dan memberikan arah kemana manusia akan pergi. Mengisi celah kekosongan yang selalu manusia cari soal hidup.

Dalam beribadah, jujur gue belum bisa bicara banyak karena gue sendiri belum benar-benar bisa menjalani apa yang agama minta, agama gue. Lebih kearah menggugurkan kewajiban. Lebih kepada kebiasaan yang gue lakuin dari kecil. Rasa kurang ketika belum melakukan ibadah, bukan karena gue religius tapi karena rutinitas yang gue lakuin dari kecil.

Menurut gue, semua agama itu mengajarkan hal-hal yang baik dan untuk kebaikan umat manusia. Aturan-aturan yang ada dibuat agar mudah dipahami dan dilakukan sebagai syarat bergabungnya seseorang dengan suatu agama. Dalam hal ini agama sesat bukan merupakan suatu agama tapi lebih kepada pandangan hidup yang ditemukan sesorang dikesendiriannya. Sebuah ungkapan kesepian yang tidak semua orang bisa mengekspresikannya.

Sebuah agama berada diantara kedua mata. Ada namun tidak terlihat. Hanya setebal bulu tipis. Namun kuatnya tergantung kepada tekad orang yang memeluknya. Bisa sekuat baja, bisa selemah ranting. Pembelaan akan agama yang dipeluk merupakan kekuatan utama sebuah agama, jadi hal yang membuat ada, eksis dan kuatnya tergantung kepada umatnya.

Ini hanya pemikiran gue semata, tidak ada maksud apa-apa cuma ingin mengungkapkan hal yang berputar-putar tanpa arah. Yakini saja agama yang kita peluk dan tetap percaya. Tuhan ada dimana saja kita berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar